1/08/2016

Stone Garden Surga Purbakala dari Pinggiran kota Bandung



Syutrav – tempat wisata yang satu ini rupanya cukup heboh di sekitar akhir tahun 2014 hingga saat ini bagi warga Bandung dan sekitarnya, Tempat yang satu ini mungkin menjadi pesaing berat untuk Tebing keraton dari kota Bandung juga.
sisi Lain StoneGarden

Taman batu Padalarang atau yang lebih terkenal sebagai Stone garden dari kota bandung ini berada di daerah Ciumbuleuit, pinggiran kota bandung. Dari persimpangan masuk ke arah yang di tuju pengunjung harus melewati pabrik-pabrik pasir dan jalanan berbatu yang cukup jelek, Namun demikian parkir yang tersedia cukup luas dan tidak perlu khawatir tidak kebagian.

Tentang Stone Garden Padalarang, Bandung

Taman batu Padalarang atau yang lebih terkenal sebagai Stone Garden mendapatkan nama yang secara demikian dikarenakan secara fakta di lokasi memang di penuhi oleh hamparan batu yang artistik yang luar biasa, Hamparan batu yang dimaksud di sini bukan hamparan yang terletak berserakan  namun menurut warga sekitar, Hamparan batu dengan ukuran bervariansi ini tersusun dengan memiliki sesuatu formasi matematis.

Menurut salah satu panitia pengelola di lokasi, Bebatuan besar di taman batu terbentuk secara alamiah berkat terciptanya danau luas di zaman purba, Di sekitar taman batu terdapat lembah-lembah dangkal yang mengitarinya yang mungkin merupakan bagian dari danau purbakala yang dimaksud.

Yang paling menarik pada saat anda pertama kali menginjakkan kaki di tempat ini adalah susunan batu yang benar-benar artistik, menjulang rapi seperti tampak berformasi yang sangat rapi dan sulit terjelaskan. Bahkan beberapa media menyamakan Stone garden Bandung dengan Christmas Island di Australia.

 Lokasi yang terletak di daratan tinggi yang lebih tepatnya berada di atas sebuah bukit dan masih terdapat sebuah gua alam yang masih sangat alami dengan nama gua Pawon. Diperkirakan Gua ini memiliki umur yang tidak berbeda jauh dari Taman Batu ini sendiri, Gua Pawon merupakan bukti kehidupan purbakala yang masih terawat hingga saat ini.

Persiapan yang di butuhkan?

Persiapan yang paling utama disiapkan adalah kondisi fisik yang terjaga dan juga pemilihan waktu yang tepat karena ketika siang hari akan terasa sangat panas di sini. Sangat disarankan untuk menuju tempat ini pada saat pagi hari untuk Sunrise dan juga pada sore hari untuk sunsets. Walaupun demikian jika anda yang berkunjung pada siang hari masih terdapat beberapa pondok sederhana di sekitar taman batu untuk beristirahat dan berteduh.

Stone garden

Harga Tiket Masuk Taman Batu (Stone Garden), Bandung

Berwisata tidak harus mahal, bukan? Cukup dengan biaya kurang-lebih Rp 15.000,- per orang kita sudah bisa menikmati keindahan Taman Batu ini SEPUASNYA!!! [biaya sudah termasuk tiket masuk utama (Rp 6.000,-), parkir (Rp 3.000,- s/d Rp 5.000,-), dan beberapa potong gorengan hangat nan nikmat).
Tidak ada batasan waktu untuk mengunjungi Taman Batu, pokoknya sampai capek sendirilah.

Fasilitas Umum yang ada:
  1. Parkiran
  2. Warung
  3. Pondok/Gazebo
  4. Toilet
  5. Mushola
stone garden

 Bagaimana Menuju ke Taman Batu, Padalarang – Bandung?



Rekomendasi atau saran utama saya, lebih baik menggunakan angkutan pribadi apalagi bagi kalian yang datang dari luar Bandung. Hal ini untuk menghindari penipuan jasa angkutan dengan harga yang luar biasa mahal.

Bagi pengguna mobil, dari arah Kota Bandung bisa menggunakan jalur tol Purbaleunyi keluar di tol Padalarang menuju ke arah Cianjur. Patokannya adalah kawasan Tagog Apu ketika keluar dari jalan tol, kemudian pantau gapura bertuliskan Gua Pawon di sebelah kanan jalan. Harap berhati-hati ketika berbelok ke kanan memasuki persimpangan gapura tersebut karena jalannya bersifat sedikit tikungan dan rawan terjadi kecelakaan, terutama bagi kalian yang menggunakan sepeda motor.

Nah, untuk pengguna sepeda motor, tuju saja kawasan Kota Baru Parahyangan (tentu untuk menghindari kekeliruan menuju Cimahi karena persimpangan jalannya sering membuat pengunjung nyasar/salah jalan). Kemudian tuju arah Cianjur ke Batu Apu, dan di sebelah kanan ketika telah tiba di gapura bertuliskan Gua Pawon, hati-hati berbelok ke kanan memasuki persimpangan dan jalanan berbatu.

Alamat Lengkap: Jl. Cinangsi G. Masigit, Bandung, Jawa Barat (Kampung Girimulya Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten.Bandung Barat)

Sumber : walterpinem.me