9/16/2015

Explorasi Keindahan Papua, Gua Binsari Bukti musnahnya pasukan jepang dalam persembunyian

Syutrav - Masih membahas mengenai keindahan papua yang sangat luar biasa yang di rangkum dalam tema " Explorasi Keindahan Papua" Sekarang saya akan membahas mengenai sebuah Gua yang perna menjadi basis persembunyian Jepang di pulau Biak. Letak gua ini berada di desa Sumberkeer, Samofa dan dekat dengan pantai.
Bukti Runtuhnya Gua pasukan jepang
Bukti runtuhnya Atap Gua 

Gua Binsari merupakan salah satu Gua Jepang yang cukup fenomenal dibandingkan dengan Gua Jepang lainnya yang merupakan gua buatan namun Gua ini merupakan gua alami yang terbentuk lewat proses Hidrologi Karst yang cukup sangat lama. Di dalam gua binsari ini terdapat dua lubang layaknya sumur raksasa yang berdiameter 10 meter dengan kedalaman sekitar 20 meter. Serta lubang diatap yang terbuka untuk masuknya sinar matahari.
 Keadaan dalam GUa Binsari
Keadaan dalam GUa

Lubang diatas gua ini merupakan bukti serangan sekutu yang menyebabkan kematian seluruh pasukan jepang yang sedang bersembunyi dalam gua ini, dalam gua ini sendiri terdapat ruangan ruangan buatan yang sengaja dibuat untuk perawatan dan peristirahatan pasukan jepang serta persembunyiaan dari musuh.
 Amunisi peninggalan tentara jepang
Amunisi peninggalan tentara jepang

Didalam gua ini banyak ditemukan sisa-sisa persenjataan militer jepang pada era Perang Dunia II, Selain itu juga ditemukan banyak rangka tentara jepang yang gugur pada serangan sekutu yang meruntuhkan atap gua. Disekitar gua ini terdapat museum kecil berukuran 2x3 meter yang menyimpan sebagian benda-benda yang ditemukan didalam gua,