9/16/2015

Explorasi Keindahan Papua, Danau Sentani Sentral Budaya adat Papua

Syutrav - Kembali menujuh tanah Papua, Selain memiliki detinasi bawah laut yang tidak dapat terlukiskan kembali ternyata juga masih memiliki banyak tempat yang sangat menarik untuk di kunjungi seperti danau Sentani ini,
Danau Sentani Sentral Budaya adat papua
Pemandangan dari salah satu Bukit Danau

Dahulunya merupakan tempat untuk pelatihan pendaratan pesawat Amfibi, Landasan yang awalnya di bangun oleh Jepang, Kemudian diambil alih oleh Angkatan Darat AS pada tahun 1944, Legenda perang Amerika Jenderal McArthur dikatakan perna tinggal dan jatuh cinta kepada danau dan sekitar 22 pulau kecil didalamnya loh.

Danau sentani ini berdekatan dengan ibukota provinsi Jayapura dengan luas sekitar 9360 Hektar, Maka dari itu tidaklah heran bahwa sebagaian besar mata pencaharian masyarakat yaitu sebagai nelayan dan merupakan salah satu alasan mengapa sebagian besar penduduk sekitar danau terbuka pada pengunjung. Keunikan dari danau ini juga dikarenakan terdapat banyaknya kolam dan jaring disekitar danau.
Pemandangan luar biasa dari salah satu bukit
Pemandangan luar biasa dari salah satu bukit

Danau ini sendiri merupakan rumah bagi sekitar 33 jenis ikan termasuk ikan gergaji yang merupakan ikan asli dari danau ini namun yang sangat disayangkan adalah ikan gergaji ini diperkirakan telah pulah di danau ini dan hanya dapat ditemukan sebagai salah satu ornamen adat pada kerajinan kayu sentani.

Mengunjungi Danau Sentani ini tidaklah lengkap tanpa mencoba wisata kuliner yang sangat mengjanjikan yang disediakan oleh beberapa restoran disekitar danau seperti restoran Mickey yang cukup sangat terkenal dan nyaman. terdapat juga Restoran Yougwa yang sangat terkenal oleh wisatawan dan paling banyak di kunjungi oleh wisatawan terletak di pulau Asei bertepatan disekitar aula para senima lokal yang akan sangat senang menghibur anda.

Salah satu keunikan dari desa Taturi yang terletak disalah satu pulau kecil didanau ini adalah terdapat lukisan batu, yang lebih tepatnya terletak di sebuah bukit kecil ditepi danau. Anda dapat menikmati batu ini sambil menaiki berperahu santai. Desa lain yang menawarkan pemandagan yang sangat indah adalah desa Doyo Lama merupakan salah satu sentral seni batu Lukis.
Turis berfoto dengan latar acara Isolo
Festifal ISOLO 

Danau ini merupakan titik awal yang paling fantastis untuk memahani Budaya Papua, Disini juga memiliki Ritual bernama Isolo yang berarti sebuah upacara adat yang menyatukan perbedaan budaya dari 24 desa di sekitar danau yang diselengarakan setiap bulan Juni dan menjadi salah satu ajang yang sangat diminati oleh wisatawan.