7/21/2015

Berenang bersama "Hiu Paus" di Kwatisore Tanah papua

Syutrav - Kembali membahas tanah Papua memang tidak ada habisnya, Tanah yang masih sangat jarang terjamah oleh manusia dan penduduk setempat yang sangat menghormati dan mencintai alamnya memang menjadi tujuan wisata yang cukup menarik bagi wisatawan local terlebih lagi wisatawan asing.

Syutrav.com
Berenang bersama Hiu Paus di Kwatisore, Papua,Indonesia
Selain terkenal dengan Raja Ampat yang sudah mendunia dengan keindahan lautnya, Masih terdapat Taman Nasional Teluk Cendrawasih (TNTC) yang merupakan salah satu teluk terbesar yang berada di papua. Pesona bawah laut dari taman nasional ini tidaklah kalah dengan yang ada di Raja ampat, Namun satu hal yang menjadi daya tarik utamanya adalah dimana wisatawan dapat melihat secara dekat ikan Hiu Paus secara dekat bahkan berenang bersama mereka di perairan Kwatisore.
Syutrav.com
Ikan Hiu paus mendekati Bagan Nelayan untuk meminta makan.
Para peniliti mengatakan bahwa ikan hiu paus merupakan ikan terbesar dari keluarga hiu yang hidup di perairan laut dalam yang sangat sulit di temui di belahan bumi dimanapun, Namun berbeda dengan hiu pas di kwatisore ini yang hidup di permukaan bahkan tidak canggung untuk berinteraksi dengan manusia bahkan bermain dengan manusia.

Menurut tokoh adat setempat ikan Hiu paus di Kwatisore merupakan salah satu Hewan adat Kwatisore yang dilindungi dan bersahabat dengan masyarakat sekitar, Walaupun demikian masyarakat setempat menamai ikan hiupaus ini dengan nama ikan hantu karena sering muncul tiba-tiba di samping perahu dan mengesek-gesekan tubuhnya keperahu.
syutrav.com
Menyelam bersama Hiu Paus di Kwatisore
Untuk mencapai tempat ini dari Jakarta, Surabaya, Denpasar, atau Jayapura ambilah penerbangan menujuh Biak dan menujuh Manokwari atau Nabire, Dari Nabire naiklah kapal menujuh TNTC yang lewat pulau Rumberpon yang memakan waktu sekitar 5.5 jam perjalanan. Atau untuk menemukan Hiu paus naiklah kapal menujuh desa Kwatisore dari Nabire yang memerlukan waktu sekitar 3 jam saja.

Dapatkan ijin Untuk mengunjungi Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Wajib menghubungi kantor pusat di :
- jalan Trikora wosi Rendani, PO Box 220, Manokwari 98312, West Papua.
- Tel      : 62-986-212212
- Fax     : 62-986-212437
- Email : btnc[at]Manokwari.wasantara.net.id

Sumber : indonesia.travel