4/16/2015

Patung Buddha tidur Terbesar Di indonesia ada di Bogor

Syutrav.com
Syutrav - Agama Buddha merupakan salah satu agama yang tertua di indoneisa bahkan di asia. salah satu bukti nyatanya adalah peninggalan berupa kuil-kuil yang masih berdiri kokoh bahkan ada yang menjadi salah satu keajaiban dunia yang terletak di indonesia yaitu candi Borobudur. Peninggalan agama buddha di indonesia juga banyak berupa Patung Buddha dengan ukuran Luar biasa besar yang tersebar di beberapa wilayah indonesia.

Salah satu Peninggalan Agama Buddha yang sangat terkenal didunia adalah Patung Buddha tidur ada di Thailand dan juga Sri Lanka. Namun jangan salah di Bogor sendiri juga memiliki patung buddha tidur yang Cukup besar dan juga terkenal yaitu yang terletak di Vihara Buddha Dharma dan 8 Pho Sat  yang terletak di Desa Jati, Kampung Tonjong, Kecamatan Tanjurhalang Bogor.

Karena Tertarik dengan Patung Buddha tidur ini saya Berangkat dengan kendaraan umum dari jakarta pada Minggu (12/04). Perjalanan saya mulai dari Stasiun Kota jakarta dengan mengunakan kereta Comuterline dan turun di stasiun Bojong Gede, Dilanjutkan dengan dengan Angkutan Umum 112 menuju Jalan Tonjong. Sesampai di Tonjong berhenti menuju Jalan Raya Parung Dengan Angkot 012 yang di lanjutkan dengan Angkutan Umum 006 menuju daerah jalan PWRI dimana yang menjadi pintu masuk lokasi vihara ini.
Syutrav.com

Dari Pintu Masuk Daerah Vihara saya harus berjalan kaki sekitar 20 Menit hingga ke depan pintu vihara mengikuti Petunjuk yang disediakan di daerah sana. Karena ketika ingin mengunakan Jasa Ojek mereka meminta harga yang cukup tinggi karena saya tidak tau persis jarak dari luar kedalam jadi saya memutuskan untuk menjelajah sendirian kembali.

Sesampainya di depan Vihara memang sangat luar biasa, Saya di sambut oleh Stupa Buddha yang menyerupai Stupa Buddha di Candi Borobudur dengan latar belakang ukiran dinding yang menceritakan masa Sang Buddha Gautama yang sedang membabarkan Dharma, Melangkah melewati stupa di depan pada kiri dan kanan dinding terdapat pahatan yang mengambarkan suasana Hutan dan cerita perjalanan untuk mengambil Kitab suci oleh sang Kera Sakti.
Syutrav.com

Bukan hanya sampai disana kekaguman saya, Dihadapan saya terdapat Patung sang Buddha yang sedang tidur sepanjang 18 Meter dan Tinggi 3 meter dengan senyumannya dihiasi oleh latar berupa Hutan hijau yang menyejukan. Selain itu sebelah kiri dan kanan patung sang buddha terdapat Ratusan Replica Patung sang buddha Mini di dalam lemari kaca yang melambangkan para Buddha diseluruh Semesta Kehidupan.

Daftar Biaya yang di keluarkan
- Tiket Kereta Jakarta - Bogor (Rp 15.000,- yang berupa Biaya Ticket Rp 5.000 dan jaminan kartu Rp 10.000,- yang dapat di Refund kembali setelah di Gunakan)
- Angkutan umum 112 ( Rp 5.000,-)
- Angkutan umum 012 (Rp 3.000,-)
- Angkutan umum 006 Biru (Rp. 3.000,-)
- Angkutan umum 006 Hijau (Rp. 6.000,-) Menuju Jl. Merdeka Bogor lansung menuju stasiun pusat
- Biaya ojek menuju dalam vihara (Rp 10.000 - 50.000,-) hati-hati bagi yang ingin mengunakan Kendaraan Ojek karena mereka tidak segan-segan meminta harga tinggih.